Tips Cara Menyuburkan Tanah



Tips Cara Menyuburkan Tanah (seputar-tanaman) - Mungkin saja sesudah demikian lama kita berkencimpung dalam usaha pertanaian ataupun perkebunan, kita terasa tanah yang kita pakai dalam budidaya tanaman jadi tandus, tanah mengeras, gersang, serta jadi kurang subur waktu ditanami, hal semacam ini mungkin saja terjadi tidak cuma tanah yang kita pijak tetapi terjadi pada tanah pertanian di semua Indonesia.


Tanah menjadi tandus pemicunya cuma satu yaitu kekeliruan kita dalam mengolahnya, kita cuma mempunyai pengetahuan waktu kita menanam suatu komoditas jadi kita harus memberikannya pupuk kimia sesuai sama jadwal yang tercantum pada paket product tanaman, oleh karena itu tanah yang semula subur jadi tandus serta bahan kimia yang ada ditanah jadi terakumulasi.

 Agar bisa menangani hal demikian berikut ini jalan keluar yang mungkin saja dapat anda aplikasikan manfaat menyuburkan tanah/tempat pertanian anda :

1. Berikan Pupuk Kompos Ternak 
Karena sifatnya yang alami tanpa ada penambahan bahan kimia dan mempunyai zat hara yang tinggi, pupuk kompos dapat menyuburkan tanah yang gersang, diluar itu pada pupuk kompos juga ada beberapa bahan/mikronutrien yg tidak ada dalam pupuk kimia yang bermanfaat untuk perkembangan tanaman dan keberlangsungan hidup mikroorganisme tanah, untuk pemberianya sesungguhnya tak ada batasan tetapi juga janganlah terlampau sedikit, ditempat saya biasanya beberapa petani memberi pupuk kompos dengan luas areal 1/4 hektar dengan jumlah kompos 60-100 sak lebih sepanjang 1,5 th. sekali. untuk kompos ternak yang dipakai pastikan kompos dari kotoran ternak sapi ataupun kambing namun yang lebih diprioritaskan yaitu kotoran sapi lantaran gampang hancur yang berusia kian lebih 1 bln. lebih supaya tidak panas lagi pada tanaman.

2. Berikan Kapur 
Manfaat kapur sendiri yaitu menetralisir keasaman tanah, terlebih sewaktu musim hujan di mana tanah yang telah mempunyai kandungan keasaman yang lebih ditambah dengan kandungan asam yang datang dari air hujan, jadi anda butuh memberi kapur pada tempat pertanian anda baik itu 1 th. sekali atau 2 th. sekali serta dapat sesuai dengan komoditas tanaman anda.



3. Membalik Tanah 
Tanah yang gersang dapatlah dikerjakan pemrosesan tanah lewat cara di balik tanahnya biasanya memakai traktor atau bajak sapi, manfaat dari pemrosesan tanah ini yaitu supaya udara dalam tanah jadi bertambah hingga keperluan akar bakal udara dapat tercukupi, serta mikroorganisme dalam tanah bisa berkembang biak dengan baik.



4. Ganti Tanaman
Jika anda sering menanam jagung, atau padi dalam satu tahun tak ada salahnya bila anda menanam tanaman lain juga sebagai pengganti, tetapi yang lebih diprioritaskan di sini yaitu menanam tanaman kacang-kacangan seperti kacang atanah, karena pada akar tanaman kacang tanah hidup mikroba yang bisa mengikat nitrogen bebas dalam hawa untuk digunakanya hidup serta sekalian nanti menaikkan kandungan nitrogen dalam tanah.

semoga dengan artikel panduan di atas anda makin tahu bagaimanakah langkahnya menyuburkan tanah yang tandus serta kurang subur.

loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

Tentang Ragam Tanaman Hias dan Budidaya:

Hi Sahabat Ragam Tanaman. Terima kasih anda telah membaca artikel ini. Blog Ragam Tanaman ini memberikan informasi seputar tanaman hias dan tanaman budidaya bagi anda yang antusias dengan tanaman hias dan tanaman budidaya serta ingin jadi yang pertama tahu informasidi blog ini. Ada panduan tahap demi tahap mengenai cara menanam dan merawat tanaman hias yang dapat langsung anda coba sendiri di rumah. Kami sudah mencoba menanam dan merawat beberapa tanaman hias. Dan sampai saat ini kami masih terus mencari dan mencoba alternatif tanaman hias yang kami dapatkan dari berbagai sumber, dan akan disajikan di blog ragam tanaman ini dengan bahasa yang lugas dan mudah, supaya anda bisa langsug mencoba memelihara tanaman hias dan tanaman budidaya tersebut.


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus

Masukkan email anda di sini untuk mendapatkan update artikel ragam tanaman dan budidaya .

2 Komentar untuk " Tips Cara Menyuburkan Tanah "

terus semangat suburkan negeri tercinta
Numpang Promo
Jual Pupuk Organik Bokashi
Kunjungi WebBlog kami
http://goo.gl/xoRWBx
fast respon 085334956555

Popular 30 Hari

Back To Top -->