Jenis Hama Pada Tanaman Padi

Jenis Hama Pada Tanaman Padi - seputar tanaman | Pada kesempatan ini saya akan mencoba mengenai Jenis Hama Pada Tanaman Padi Serta Langkah pengendalianya, terdapat banyak type hama yang kerap menyerang tanaman padi ini, serta hama ini sangatlah mengganggu sekali pada perkembangan tanaman padi, serta tentu sangatlah menyebalkan sekali,



Berikut ini adalaha hama tanaman padi



1. Wereng penyerang batang 

Hama yang satu ini yaitu hama yang paling di takuti tanaman padi oleh beberapa petani lantaran hama yang satu ini bisa keluarkan virus yang mematikan, ada juga tanda-tanda awal nya ialah : tanaman padi jadi kuning serta jadi kering, sekumpulan tanaman padi seperti terbakar, tanaman yang tidak jadi kering jadi kerdil, langkah mengatasiny nya yakni dengan penyemportan, menggunakan insektisida Applaud 10 WP, Applaud 400 FW atau Applaud 100 EC.



2. Wereng penyerang daun 

Bila daun tanaman padi anda berubah jadi kuning atau ujung daun nya jadi kuning serta mati yaitu satu tanda bila tanaman padi anda sudah terserang hama yang satu ini.



3. Walang sangit 

Cermati hama yang satu ini, karena efek dari hama yang satu ini adalah : buah pada tanaman padi tak ada isi nya atau kosong, serta buah juga jadi seperti mengkerut, serta ciri yang lain nya yakni : akan tampak bintik-bintik hitam pada buah padi, dan langkah menanggulangi nya yakni : dengan menyemprotkan insektisida Bassa 50 EC, Dharmabas 500 EC, Dharmacin 50 WP, Kiltop 50 EC.



4. Kepik hijau 

Kepik hijau ini bakal menyerang sisi batang serta buah padi, sehingga tanaman padi juga bakal sangatlah terganggu  perkembangan nya. Serta langkah menanggulangi nya yakni dengan penyemprotan  insektisida Curacron 250 ULV, Dimilin 25 WP, Larvin 75 WP.



5. Penggerek batang

Type hama yang satu ini dapat beresiko tidak berhasil panen. Di mana jika tanaman padi telah diserang hama yang satu ini serta tak cepat di tangani bakal alami kerugian besar, lantaran hama ini menyerang sisi batang serta sisi pelepah daun, serta daun juga bakal jadi kering serta mati, langkah mengatasi nya yakni dengan memakai insektisida Curaterr 3G, Dharmafur 3G, Furadan 3G, Karphos 25 EC, Opetrofur 3G, Tomafur 3G.



6. Hama tikus 

Kegagalan penen dapat juga dihadapi bila hama ini telah masuk ke ruang tanaman padi, serta umum nya hama ini mengerogoti tanaman padi hingga habis, adapun langkah menanggulangi hama yang satu ini yakni lewat cara memberi umpan beracun seperti seng fosfat yang digabung dengan jagung
atau beras.



7. Burung 

Umum nya hama ini datang saat panen tinggal beberapa hari lagi, serta langkah mengatasi nya yakni dengan membunyikan nada yang berisik seperti menggantungkan kaleng yang di isi oleh apapun itu yang utama dapat membuahkan nada yang bising, atau mungkin dengan bikin orang-orangan sawah.



Demikianlah artikel mengenai Jenis Hama Pada Tanaman Padi semoga informasi ini berguna bagi anda sekalian dalam melindungi tanaman padi miliknya.



Referensi :

http://hewantumbuhan.com/

loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

Tentang Ragam Tanaman Hias dan Budidaya:

Hi Sahabat Ragam Tanaman. Terima kasih anda telah membaca artikel ini. Blog Ragam Tanaman ini memberikan informasi seputar tanaman hias dan tanaman budidaya bagi anda yang antusias dengan tanaman hias dan tanaman budidaya serta ingin jadi yang pertama tahu informasidi blog ini. Ada panduan tahap demi tahap mengenai cara menanam dan merawat tanaman hias yang dapat langsung anda coba sendiri di rumah. Kami sudah mencoba menanam dan merawat beberapa tanaman hias. Dan sampai saat ini kami masih terus mencari dan mencoba alternatif tanaman hias yang kami dapatkan dari berbagai sumber, dan akan disajikan di blog ragam tanaman ini dengan bahasa yang lugas dan mudah, supaya anda bisa langsug mencoba memelihara tanaman hias dan tanaman budidaya tersebut.


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus

Masukkan email anda di sini untuk mendapatkan update artikel ragam tanaman dan budidaya .

0 Komentar untuk " Jenis Hama Pada Tanaman Padi "

Popular 30 Hari

Back To Top -->