Tanaman Hias Penghias Kolam Ikan

Tanaman Hias Penghias Kolam Ikan | seputar-tanaman - Tanaman air tidak cuma bikin kolam di pekarangan rumah kita lebih asri namun juga berikan banyak manfaat untuk keberlangsungan ekosistem air tersebut. Juga bermanfaat sebagai, menaikkan persediaan oksigen, menyerap kandungan toksin di air, serta jadi tempat ikan untuk berbiak. 

Tetapi, saat pilih tanaman air untuk kolam di taman, Sesuaikan tanaman dengan kolam yang akan di buat. Misal, untuk rumah minimalis, tentukan beberapa jenis tanaman air yang simpel seperti bambu air, lotus, melati air, atau ilalang air. Sesaat untuk kolam yang mendatangkan situasi tropis, kita bisa pilih tanaman yang memiliki ukuran besar serta dalam jumlah banyak, diantaranya teratai, ilalang air, serta antanan berdaun besar. 

Tanaman air yang dipakai tentu tanaman yang hidup diatas permukaan air. Selain beberapa jenis yang akan dijelaskan dibawah ini, masih terdapat banyak type tanaman lain. Umpamanya, kana air, sagita, mata panah, antanan, pentol korek, water poppy, paku ekor kuda, teki air, Cyperaceae, melati air, star grass, serta seledri air. 

Tanaman Hias Penghias Kolam Ikan


Teratai 
Teratai atau Nyamphaea adalah tanaman air yang paling di kenal serta seringkali dipakai. Bunganya cantik berwarna-warni dengan daun yang mengambang di permukaan air. Ukuran teratai sekitar pada 45 - 90 cm. Teratai mempunyai beragam varietas yang dibedakan dari bunganya. 



Tifa 
Tifa atau Typha latifolia adalah tanaman air liar. Batangnya memanjang, dengan bunga yang mirip cerutu. 



Enceng gondok 
Tanaman ini memanglah lebih di kenal juga sebagai gulma, tetapi pada intinya enceng gondok atau Eichornia crassipes juga adalah tanaman penghias. Termasuk juga tanaman air yang mengapung, batang daun enceng gondok menggembung serta berwarna hijau. Diameter tanaman ini sekitar pada 5-15 cm. 



Enceng gondok di kenal juga sebagai gulma lantaran pertumbuhanya yang cukup cepat serta kerap penuhi permukaan air. Diluar itu, tanaman ini dapat mengganggu ketersediaan oksigen di air. Oleh karenanya, bila kita memakai tanaman ini di kolam, rajin-rajinlah mengangkat tanaman ini bila telah terlampau banyak di kolam. 

Lotus 
Lotus di kenal dengan juga sebutan water lily. Tanaman ini serupa dengan teratai, tetapi ukurannya lebih besar. Daunnya bulat lebar berlapis lilin, memiliki ukuran pada 6-10 cm. Lotus menyebarkan aroma yang wangi. Lotus mempunyai bunga dengan aneka jenis warna, mulai dari putih, kuning, ungu, sampai merah jambu. Lotus termasuk juga ke deep water aquatics plants, lantaran akarnya tertanam didalam lumpur kolam. 



Seroja 
Di Indonesia, tanaman ini kerapkali dikatakan sebagai teratai. Seroja atau Nelumbo nucifera Gaertn pas untuk kolam yang dalam, lantaran tinggi tanaman ini dapat mencapai 1, 5 m. Diameter daun seroja meraih kian lebih 50 cm. Bunga seroja cuma mekar pada bulan Juli dan Agustus saja. 



Pisang Air 
Sesuai sama namanya tanaman ini serupa dengan pohon pisang, tetapi mempunyai daun talas. Pisang air atau Typhonodorum lindyeyanum bisa tumbuh sampai setinggi 4m, dengan daun yang bergelombang serta berupa oval yang bisa meraih 1, 5 m. 



Apu-apu 
Apu-apu (Pistia stratiotes, Pistia crispate) adalah tanaman berdaun hijau dengan permukaan yang ditumbuhi bulu-bulu halus bertekstrur mirip beludru, sesaat akarnya berwarna putih. Tanaman ini tersusun melingkar serta bertumpuk-tumpuk. Apu-apu tak memerlukan perawatan spesial. 



Kala lili 
Saat lili atau Zantedeschia aethiopica adalah tanaman yang seakan terbuat dari lilin. Memiliki bentuk berbentuk corong berwarna putih dengan putik berwarna kuning cerah. Bunga ini mempunyai aroma yang lembut. Saat lili bakal tumbuh lebih tinggi bila kurang memperoleh sinar matahari.



Papyrus payung 
Papyrus (Cyperus alternifolius) mempunyai batang berupa segitiga dengan ketinggian meraih 1 mtr. lebih, ujungnya ditumbuhi bunga yang mirip daun. Tanaman ini tumbuh dengan cara berkelompok. 



Bambu air 
Bambu air atau Equisetum hyemale adalah tanaman air yang serupa dengan bambu biasanya. Tumbuhan ini memiliki ukuran kecil, tingginya cuma seputar 25 - 100 cm dengan diameter batang yg tidak kian lebih 3 cm.



Demikianlah artikel dari blog seputar-tanaman, yang pada kesempatan kali ini membahas tentang Tanaman Hias Penghias Kolam Ikan, semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

Tentang Ragam Tanaman Hias dan Budidaya:

Hi Sahabat Ragam Tanaman. Terima kasih anda telah membaca artikel ini. Blog Ragam Tanaman ini memberikan informasi seputar tanaman hias dan tanaman budidaya bagi anda yang antusias dengan tanaman hias dan tanaman budidaya serta ingin jadi yang pertama tahu informasidi blog ini. Ada panduan tahap demi tahap mengenai cara menanam dan merawat tanaman hias yang dapat langsung anda coba sendiri di rumah. Kami sudah mencoba menanam dan merawat beberapa tanaman hias. Dan sampai saat ini kami masih terus mencari dan mencoba alternatif tanaman hias yang kami dapatkan dari berbagai sumber, dan akan disajikan di blog ragam tanaman ini dengan bahasa yang lugas dan mudah, supaya anda bisa langsug mencoba memelihara tanaman hias dan tanaman budidaya tersebut.


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus

Masukkan email anda di sini untuk mendapatkan update artikel ragam tanaman dan budidaya .

0 Komentar untuk " Tanaman Hias Penghias Kolam Ikan "

Popular 30 Hari

Back To Top -->