Tips Cara Membuat Bakalan Bonsai

Tips Cara Membuat Bakalan Bonsai - Ragam Tanaman dan Budidaya. Bakalan bonsai bukan sekedar bisa didapat di alam saja, namun bisa pula di buat sendiri. Bikin bakalan bonsai membutuhkan ketelatenan dalam pemeliharaannya. Pembentukannya juga membutuhkan waktu yang cukup lama. Tetapi, bakalan bonsai buatan sendiri sangatlah ideal lantaran bukanlah hasil dari perusakan lingkungan serta jumlahnya yang didapat banyak sesuai dengan apa yang diinginkan pembonsai. Bikin bakalan bonsai bisa dikerjakan dengan beragam langkah salah satunya adalah: penyemaian biji, stek, cangkok, okulasi serta enten. Di bawah ini bakal diterangkan semasing dari langkah bikin bakalan bonsai itu. 


Mencari dan mendapatkan bakalan atau benih bonsai tidak harus dengan merukan lingkungan ada beberapa cara yang bisa di lakukan demi menjaga kelestarian lingungan. Dengan kesabaran dan ketelatenan bonsai hasil bakalan sendiri akan berhasil baik.



Tips Cara Membuat Bakalan Bonsai

1. Penyemaian biji 

Bibit tanaman yang datang dari biji sesungguhnya bukanlah sebagai bakalan bonsai yang baik. Tanaman dari biji bakal tumbuh sebagai pohon normal seperti di alam. Walau demikian, tanaman dari biji sangatlah dibutuhkan untuk pembuatan bakalan bonsai lewat cara vegetatif (setek, cangkok, serta enten). 
Menyemai biji membutuhkan saat yang cukup lama, bahkan juga banyak didapat tanaman yg tidak baik. Untuk mengatasinya, baiknya untuk pembonsai sebagai hoby menyerahkan aktivitas penyemaian biji pada pembibit bakalan bonsai. Tetapi, jika bakal mengerjakannya sebagai penjual bibit tak ada kelirunya bila pekerjaan itu dikerjakan sendiri. Bakalan bonsai yang bisa didapat lewat cara penyemaian biji yakni : tanaman delima, kemuning, siantho, cemara, asam, jambu biji, jeruk, serta sawo. 


2. Stek 

Stek adalah langkah perbanyakan tanaman dengan cara vegetatif dengan satu perlakuan pembelahan atau pemotongan sisi tanaman (batang, akar, daun atau tunas) untuk ditumbuhkan jadi tanaman baru. Ada tiga type stek didalam budidaya tanaman yakni : stek lunak, stek 1/2 lunak serta stek keras. 
Stek lunak adalah langkah menyetek dengan bahan stek yang belum berkayu. Pada stek lunak bahan yang di ambil berbentuk pucuk ranting atau cabang yang masih tetap muda serta masihlah dalam saat perkembangan. 
Stek 1/2 lunak juga nyaris sama juga dengan stek 1/2 lunak yakni menyetek dengan bahan stek yang belum berkayu. Cuma saja bahan yang di ambil yakni dari ranting atau cabang yang pertumbuhannya telah berhenti serta batang dan daunnya mulai menua. 
Stek keras adalah langkah menyetek dengan bahan datang dari dahan yang telah berusia seputar satu tahun atau lebih. 
Bakalan bonsai yang bisa didapat lewat cara stek yakni : tanaman Ficus, sawo durian, jambu biji, delima, jeruk, buni, serta murbai. 
Bikin bakalan bonsai lewat cara stek 


3. Cangkok 

Cangkok adalah satu diantara langkah pembiakan vegetatif buatan yang mempunyai tujuan untuk perbanyak tanaman yang mempunyai karakter yang sama juga dengan induknya. Mencangkok umumnya dikerjakan lewat cara menguliti sampai bersih serta menyingkirkan kambium pada cabang atau ranting selama pada tanaman dikotil untuk lalu dipindahkan ke wadah lain waktu akar sudah tumbuh. 
Bikin bakalan bonsai dengan cangkok semakin lebih cepat tumbuh akarnya dibanding lewat cara stek. Bahan tanaman yang bakal dicangkok adalah dahan pohon yang telah berkayu serta kulitnya gampang terkelupas. Akan bonsai yang bisa didapat lewat cara mencangkok yakni tanaman beringin, ulmus, asem, sawo serta jambu biji. 
Bikin bakalan bonsai lewat cara mencangkokGambar 3 Bikin bakalan bonsai lewat cara mencangkok 


4. Okulasi 

Okulasi adalah satu tehnik perbaikan kwalitas tanaman lewat cara vegetatif buatan yang dikerjakan dengan tempelkan mata tunas dari tanaman yang unggul ke batang tanaman yang lain. Bahan okulasi terdiri atas batang atas serta batang bawah. Batang bawah adalah tanaman dari biji yang dimaksud dengan juga pohon induk, sedang batang atas (mata tunas) adalah pohon penghasil entris (ranting yang di ambil mata tunasnya). Tanaman yang bisa jadikan batang bawah yakni tanaman yang telah berusia diatas setahun, sedang untuk batang atas yakni dari ranting yang terlihat agak tua, memiliki bentuk agak bulat, warnanya agak keabu-abuan, serta kulitnya gampang lepas dari kayunya. 
Bikin bakalan bonsai lewat cara okulasiGambar 4 Bikin bakalan bonsai lewat cara okulasi 


5. Enten 

Pada intinya mengenten pada tanaman sama juga dengan lakukan okulasi. Ketidaksamaannya ada pada akan batang atasnya. Pada okulasi batang atasnya berbentuk mata tunas, sedang batang atas pada enten berbentuk sepotong ranting.




Demikianlah artikel dari blog seputar tanaman yang pada kesempatan kali ini membahas tentang Tips Cara Membuat Bakalan Bonsai, semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah pengetahuan tentang bonsai dan bermanfaat untuk para pembaca.

Sumber dan Referensi

Hardiansyah B. 2006. Membuat dan Mempercantik Bonsai untuk Pemula. Jakarta: PT AgroMedia Pustaka.
Paimin FB, Nazaruddin. 1992. Seni Bonsai Lanjutan. Jakarta: Penebar Swadaya.
Pessey C, Samson R. 1992. Bonsai Basics: A Step-By-Step Guide to Growing, Training and General Care. New York: Sterling.
Sigit S. 1993. Bonsai: Cara Membuat dan Merawat Pohon Mini. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Pohonbonsai(dot)com

loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

Tentang Ragam Tanaman Hias dan Budidaya:

Hi Sahabat Ragam Tanaman. Terima kasih anda telah membaca artikel ini. Blog Ragam Tanaman ini memberikan informasi seputar tanaman hias dan tanaman budidaya bagi anda yang antusias dengan tanaman hias dan tanaman budidaya serta ingin jadi yang pertama tahu informasidi blog ini. Ada panduan tahap demi tahap mengenai cara menanam dan merawat tanaman hias yang dapat langsung anda coba sendiri di rumah. Kami sudah mencoba menanam dan merawat beberapa tanaman hias. Dan sampai saat ini kami masih terus mencari dan mencoba alternatif tanaman hias yang kami dapatkan dari berbagai sumber, dan akan disajikan di blog ragam tanaman ini dengan bahasa yang lugas dan mudah, supaya anda bisa langsug mencoba memelihara tanaman hias dan tanaman budidaya tersebut.


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus

Masukkan email anda di sini untuk mendapatkan update artikel ragam tanaman dan budidaya .

0 Komentar untuk " Tips Cara Membuat Bakalan Bonsai "

Popular 30 Hari

Back To Top -->