Mengenal Jenis Jenis Bunga Anggrek

Mengenal Jenis Jenis Bunga Anggrek - Ragam Tanaman - Jenis-jenis bunga anggrek memiliki bentuk yang begitu bermacam serta warnanya begitu indah. Untuk penggemar bunga, pastinya akan rela merogoh kocek lebih dalam untuk membeli bunga anggrek. Bunga Anggrek memiliki harga jual yang begitu tinggi. Bunga Anggrek sering kali dijadikan tanaman hias. Sebagai tanaman hias, anggrek bisa bertahan lama didalam ruangan. Bunga Anggrek adalah satu suku tumbuhan berbunga dengan jenis paling banyak. Jenis-jenisnya menyebar luas dari daerah tropika basah sampai lokasi sirkumpolar, walau beberapa besar kerabat anggrek diketemukan di daerah tropika. Umumnya anggota suku ini hidup sebagai epifit, terlebih yang datang dari daerah tropika. Bunga Anggrek di daerah beriklim tengah umumnya hidup di tanah serta membuat umbi sebagai langkah menyesuaikan pada musim dingin. Organ-organnya yang condong tebal serta “berdaging” (sukulen) membuatnya tahan menghadapi desakan ketersedian air. Bunga Anggrek epifit bisa hidup dari embun serta udara lembab. 

Di bawah ini beberapa jenis-jenis bunga Anggrek asal Indonesia


1. Anggrek Tebu 

Bunga Anggrek Tebu adalah jenis bunga anggrek paling besar serta paling berat di antara beberapa jenis bunga anggrek yang lain. Anggrek tebu berat nya bisa meraih 1 ton dengan tinggi 3 m. serta diamater 1-2 cm. Bunga Anggrek type ini memperoleh predikat Anggrek Raksasa. 

Anggrek Tebu


Bunga anggrek tebu (Grammatophyllum speciosum) berwarna kuning dengan bintik-bintik berwarna coklat, merah atau merah kehitam-hitaman. Bunga anggrek tebu tahan lama serta tak gampang layu. Walau sudah dipotong dari batangnya bunga raksasa yang super besar serta berat ini dapat bertahan 2 bulan. 

2. Anggrek Bulan 

Anggrek bulan. termasuk juga dalam tanaman anggrek monopodial yang suka pada sedikit sinar matahari sebagai penunjang hidupnya. Daunnya berwarna hijau dengan bentuk memanjang. Akar-akarnya berwarna putih serta berupa bulat memanjang dan merasa berdaging. Bunganya mempunyai sedikit keharuman serta waktu mekar yang lama dan bisa tumbuh sampai diameter 10 cm lebih. 

Anggrek Bulan

3. Anggrek Hartinah 

Bunga Anggrek hartinah ini cuma tumbuh di daerah tertentu saja, yakni Sumatera Utara Indonesia. jenis anggrek yang diketahui pertama kalinya pada th. 1976 ini dapat diketahui di Desa Baniara Tele Kecamatan Harian Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Anggrek Tien Soeharto atau kerap dimaksud sebagai Anggrek Hartinah (Cymbidium hartinahianum) adalah anggrek tanah yang hidup merumpun. Bunga Anggrek ini adalah bunga yang dilindungi oleh Pemerintah berdasar pada Ketentuan Pemerintah Nomer 7 th. 1999. 

Anggrek Hartinah

4. Anggrek Kantung Kolopaking 

Jenis ini termasuk juga jang yang cukup langka. Anggrek Kantung Kolopaking ini termasuk juga tanaman endemik Kalimantan Tengah. Bunga ini hidup di bebatuan yang berlumut di bebrapa pinggir tempat berair pada daerah ketinggian lebih kurang 600dpl. Bunga type ini cuma tumbuh di Kalimantan Tengah. Gambaran & Ciri. Anggrek Kantung Kolopaking (Paphiopedilum kolopakingii) mempunyai daun berwarna hijau tua, berupa pita dengan ujung membulat dengan panjang pada 20 - 80 cm serta lebar pada 5 - 12 cm. Kelestarian tumbuhan langka ini terancam oleh laju deforestasi rimba, kebakaran rimba, perburuan serta perdagangan ilegal. Sungguh sangat disayangkan anggrek secantik ini pada akhirnya punah

Anggrek Kolopaking

Beberapa Jenis-jenis Anggrek lainya yang cukup di kenal 


Anggrek Albert

Anggrek Bulan Sumatra

Anggrek Hitam

Anggrek Jingga

Anggrek Kasut Pita

Anggrek Kebutan


Anggrek Koribas



Bagaimana anda tertarik untuk menanam dan koleksinya...
Demikianlah artikel dari blog ragam tanaman yang pada kesempatan kali ini membahas tentang Mengenal Jenis Jenis Bunga Anggrek, semoga setelah membaca artikel ini dapat menmbah wawasan anda dalam dunia tanaman anggrek




loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

Tentang Ragam Tanaman Hias dan Budidaya:

Hi Sahabat Ragam Tanaman. Terima kasih anda telah membaca artikel ini. Blog Ragam Tanaman ini memberikan informasi seputar tanaman hias dan tanaman budidaya bagi anda yang antusias dengan tanaman hias dan tanaman budidaya serta ingin jadi yang pertama tahu informasidi blog ini. Ada panduan tahap demi tahap mengenai cara menanam dan merawat tanaman hias yang dapat langsung anda coba sendiri di rumah. Kami sudah mencoba menanam dan merawat beberapa tanaman hias. Dan sampai saat ini kami masih terus mencari dan mencoba alternatif tanaman hias yang kami dapatkan dari berbagai sumber, dan akan disajikan di blog ragam tanaman ini dengan bahasa yang lugas dan mudah, supaya anda bisa langsug mencoba memelihara tanaman hias dan tanaman budidaya tersebut.


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus

Masukkan email anda di sini untuk mendapatkan update artikel ragam tanaman dan budidaya .

0 Komentar untuk " Mengenal Jenis Jenis Bunga Anggrek "

Popular 30 Hari

Back To Top -->