Mengenal Anggrek Dendrobium



seputar-tanaman-Dendrobium dari group Phalaenanthe umumnya mempunyai bentuk tubuh yg tidak terlalu besar sering alami waktu istirahat (decidous). Tangkai bunga panjang dengan 12 kuntum pada tiap-tiap tangkai bunga bundar (kupu- kupu) dicirikan dengan mahkota bunga kompak berdempetan seperti D. bigibbum.

Dendrobium dari group Ceratobium umumnya mempunyai bentuk tubuh besar, sering mencapai 2 m, tetapi waktu istirahatnya pendek, kadang-kadang tidak ada waktu istirahat (evergreen) senantiasa berbunga dan beranak. Bunga berbentuk tanduk atau binatang. Jumlah kuntum dapat mencapai 30 - 40 bunga pada satu atau dua tangkai. Bunga dicirikan dengan mahkota bunga memanjang bercelah pada sepal dan petal, seperti D. Jaquelyn Thomas. Ada juga bunga yang berbentuk type tebu dicirikan dengan bunga keluar dari batang yang hampir tak berdaun, tidak bertangkai bunga hanya gagang saja, memerlukan suhu rendah untuk merangsang pembungaannya. Contoh D. Nobile.

Hasil persilangan pada ke-2 group itu menghasilkan hibrida-hibrida dengan bentuk tubuh yg tak terlalu besar, waktu istirahat dikurangi atau dihilangkan, bunga bundar atau 1/2 bundar dengan variasi warna yang bermacam jenis.

Saat ini warna yang disukaii yakni warna- warna yang menyala seperti ungu tua dari Dendrobium Wong Bee Yok, warna putih dari D. Walter Oumai dan kuning dari turunan D. Schullerii 

Segi Ekologis

Jenis anggrek ini membutuhkan cahaya yg tak selekasnya sekitar 50 - 65 % cahaya matahari. Waktu ini telah ada sejenis net yang di buat sesuai sama sama juga dengan persentase cahaya yang dibutuhkan.

Suhu malam hari yang dibutuhkan sekitar kurang lebih 21° untuk merangsang pembungaan, namun bila alami suhu tinggi saat malam hari, maka akan mendorong terjadinya anak-anakan baru.

Langkah Menanam

Karena yaitu anggrek epifit, maka dapat ditanam pada medium salah satunya pakis, potongan kulit kayu, batu-batuan, arang, sabutkelapa, dsb.

Penanaman dalam pot unit (Perseorangan pot), dengan medium batu bata atau genteng seperempat segi dalam pot, diatasnya dipergunakan potongan-potongan pakis atau jenis medium yang lain yang telah tercatat di atas.

Beberapa type pupuk buatan yang disemprotkan pada daun salah satunya Hyponex, Vitabloom, Greenzit, Bayfolan, Pokok dan Iain- lain, sesuai sama sama juga dengan ketetapan dosis pemakaian yang terdaftar pada label botol masing-masing. Dosis ini berbeda untuk masing-masing fase perubahan tanaman.

Perbanyakan Tanaman

Sering ditangani perbanyakan lewat cara vegetatif dengan memecah rumpun batang- batangnya atau barangkali dengan langkah stek tunas berakar yang tumbuh di sekitar

ujung batang (disebut juga dengan " keiki ") dan ditanam dalam potyang telah terisi, dengan media yang telah diterangkan diatas.

Hama Penyakit

Penyakit yang sering menyerang salah satunya yakni " leaf spot " (bercak daun) menyerang daun segi bawah berupa bulatan kuning, terang lalu jadi cakung J berwarma hitam. Dapat diberantas dengan Benomyl, Dithane M-45, karena karena oleh sejenis jamur (Cercospora dendrobii). Hama yakni sebagian type yang umum menyerang pada anggrek umumnya seperti semut, kutu, tungau dan bekicot. Dengan penyumprotan obat-obatan lewat cara kontinue serangan hama penyakit ini dapat dihindari.

loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

Tentang Ragam Tanaman Hias dan Budidaya:

Hi Sahabat Ragam Tanaman. Terima kasih anda telah membaca artikel ini. Blog Ragam Tanaman ini memberikan informasi seputar tanaman hias dan tanaman budidaya bagi anda yang antusias dengan tanaman hias dan tanaman budidaya serta ingin jadi yang pertama tahu informasidi blog ini. Ada panduan tahap demi tahap mengenai cara menanam dan merawat tanaman hias yang dapat langsung anda coba sendiri di rumah. Kami sudah mencoba menanam dan merawat beberapa tanaman hias. Dan sampai saat ini kami masih terus mencari dan mencoba alternatif tanaman hias yang kami dapatkan dari berbagai sumber, dan akan disajikan di blog ragam tanaman ini dengan bahasa yang lugas dan mudah, supaya anda bisa langsug mencoba memelihara tanaman hias dan tanaman budidaya tersebut.


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus

Masukkan email anda di sini untuk mendapatkan update artikel ragam tanaman dan budidaya .

0 Komentar untuk " Mengenal Anggrek Dendrobium "

Popular 30 Hari

Back To Top -->