Mengenal dan Menanam Cabe Pelangi

Mengenal dan Menanam Cabe Pelangi (seputar-tanaman) | Beberapa waktu terakhir, tanaman cabe warna-warni tengah ramai dibicarakan. Bahkan juga banyak yang menyebutnya cabe rawit, seru serta unik untuk makan gorengan. Sesungguhnya cabe jenis apakah ini?

Tanaman cabe warna-warni datang dari Amerika Selatan. Ada yang mengatakan dari Brasil, walaupun nyatanya nama aslinya : Bolivian Rainbow. Cabe type ini lebih umum digunakan juga sebagai tanaman hias, dan memang cukup laris di dunia online namun tidak hanya sebagai tanaman hias cabe jenis ini juga bisa di gunakan sebagai teman saat makan gorengan.



Berikut sedikit informasi tentang cabe pelangi


  • Tingkat kepedasan : 5. 000 – 30. 000 SHU 
  • Tinggi tanaman rata-rata : 60-90cm 
  • Iklim ideal : dataran rendah – tinggi 
  • Cahaya matahari : selama hari 
  • Media tanam : tanah2 : humus1 
  • Keperluan air : sedang 
  • Jumlah biji dalam paket : 10pc 


Nah, tanaman cabe warna-warni, atau kita sebut saja Bolivian rainbow sesuai sama nama aslinya, paling optimal kepedasannya hanya 30.000 SHU. Banding dengan cabe rawit hijau yang ada di pasar, (SHU) 50,000–100,000. Alhasil, Bolivian rainbow semakin banyak dipakai juga sebagai tanaman hias.

Bolivian rainbow mempunyai pergantian warna yang menarik dari muda ke tua. Pergantian warna inilah yg mengakibatkannya dimaksud rainbow lantaran dalam satu tanaman warna cabenya dapat berwarna warni. Perubahannya yaitu : ungu-kuning-oranye-merah.

Tertarik menanamnya? Perawatannya tidak terlampau ribet, kok. Seperti biasanya keluarga cabe juga sebagai grup perdu, cukup cermati pemupukan supaya lebih produktif.

Karakater tanah atau media tanam yang ideal untuk cabai yaitu tanah poros, penuh unsur hara. Media tanam di buat dari kombinasi sekam bakar, pasir, pakis kering, tanah, pupuk kandang, serta sedikit pasir. Seluruhnya bahan itu digabung serta diaduk-aduk jadi satu. Baru lalu dimasukkan dalam pot plastik.

Pot bunga yang baik untuk tanaman cabe , mesti ada lubang-lubang dibagian bawahnya. Fungsinya untuk saluran pembuangan air. Cabe tidak dapat tumbuh pada tanah berair, jadi memerlukan drainasi pada pot tanaman.



langkah setelah itu yaitu penyemaian bibit. Bibit cabe diperbanyak lewat biji-bijinya. Tentukan biji yang kering, lalu di rendam di air baru disebar pada pot-pot bunga. Sirami dengan cara berkala dengan spuyer. Selang lima hari bakal nampak tunas-tunasnya

Sesudah Bibit cabe memiliki ukuran 10 cm, dapat dipindah ke pot bunga. Perpindahan mesti hati-hati janganlah mengakibatkan kerusakan akar serta batang pohon. Sesudah di geser, perawatan teratur hanya disiram. Saat pagi hari di taruh diluar rumah, namun janganlah terserang matahari langsung karena dapat layu. Pohon bakal berbuah saat umur 3 bln..


loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

Tentang Ragam Tanaman Hias dan Budidaya:

Hi Sahabat Ragam Tanaman. Terima kasih anda telah membaca artikel ini. Blog Ragam Tanaman ini memberikan informasi seputar tanaman hias dan tanaman budidaya bagi anda yang antusias dengan tanaman hias dan tanaman budidaya serta ingin jadi yang pertama tahu informasidi blog ini. Ada panduan tahap demi tahap mengenai cara menanam dan merawat tanaman hias yang dapat langsung anda coba sendiri di rumah. Kami sudah mencoba menanam dan merawat beberapa tanaman hias. Dan sampai saat ini kami masih terus mencari dan mencoba alternatif tanaman hias yang kami dapatkan dari berbagai sumber, dan akan disajikan di blog ragam tanaman ini dengan bahasa yang lugas dan mudah, supaya anda bisa langsug mencoba memelihara tanaman hias dan tanaman budidaya tersebut.


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus

Masukkan email anda di sini untuk mendapatkan update artikel ragam tanaman dan budidaya .

8 Komentar untuk " Mengenal dan Menanam Cabe Pelangi "

terimakasih untuk info nya dan saya akan mencoba menanamnya ....
kebetulan sy dah menemukan penjual bibitnya.....

Thank's infonya....dalam bbrp hari ini bibit pesenanku nyampe....

sama Mba Dewi dan Mba Denti...
Semoga sukses dengan cabe pelanginya....

Saya sdh mrendam biji slama lebih dr 10hr tapi masih belum berkecambah, kenapa ya? Mohon solusinya

kemungkinan biji nya berkualitas buruk .. coba di rendam dengan air bawang merah yg sudah di haluskan atau memakai zpt ( zat pengatur tumbuh )

Beli bibit cabenya dmn y.. mohon pencerahanya donk..

Cabe saya koq udh berbuah, tapi buahnya ndak ungu, ijo ke kuning2an. Ada sekitar 5 pohon.. knp ya?

ada juga ya cabe berwarna ungu..

Popular 30 Hari

Back To Top -->