Tips Menanam Bayam di Halaman Rumah

Bayam (Amaranthus sp.) adalah sayuran yang banyak terkandung vitamin serta mineral, bisa tumbuh pada ketinggian s/d 1000 m dpl. dengan pengairan yang cukup.



Ada 3 type sayuran bayam, yakni :

1. Bayam cabut, batangnya berwarna merah serta ada yang berwarna hijau keputih-putihan.

2. Bayam petik, pertumbuhannya lebih tegak dan berdaun lebar, warna daun hijau tua serta ada yang berwarna kemerah-merahan.

3. Bayam yang umum dicabut serta bisa dipetik. Type bayam ini tumbuh tegak, berdaun besar berwarna hijau keabu-abuan.

Nah, untuk anda yg tidak mempunyai kebun bercocok tanam bayam dapat dikerjakan di pekarangan rumah, seandainya memperoleh banyak cahaya matahari.

Langkah Budidaya Bayam

1. Benih Bayam

Bayam di kembangkan lewat biji. Biji bayam yang jadikan benih mesti cukup tua (+ 3 bln.). Benih yang muda, daya simpannya tidak lama dan  tingkat perkecambahannya rendah. Benih bayam yang tua bisa disimpan selama setahun. Benih bayam tidak mempunyai masa dormansi dan keperluan benih yaitu sejumlah 5-10 kg setiap hektar atau 0, 5-1 g/m2. Agar praktis silahkan beli benih bayam dalam paket di beberapa toko pertanian.



2. Persiapan Tempat Bayam

Untuk anda yang mau bercocok tanam di pekarangan rumah, bedengan dapat di buat lewat cara menumpuk bata berkeliling membuat persegi (seperti bikin kolam), lalu isi dengan kombinasi tanah serta pupuk kandang (1 : 1), serta yakinkan kondisinya gembur. Atau dapat juga di pot/polibag berdiameter 30 cm.

 4. Penanaman Benih Bayam

Bisa dikerjakan dengan tiga langkah, yakni :

1. Ditebar langsung diatas bedengan, yakni biji digabung dengan pasir/abu dapur/pupuk organik yang sudah dihancurkan serta ditebar dengan cara rata diatas bedengan.

2. Ditebar pada larikan/barisan dengan jarak 10-15 cm, lalu ditutup dengan susunan tanah.

3. Disemai sesudah tumbuh (sekitar 10 hari) bibit dibumbun serta dipelihara sepanjang + 3 minggu. Setelah itu dipindahkan ke bedengan dengan jarak tanam 50 x 30 cm. Umumnya untuk bayam petik.

Apabila anda mau menanamnya di pot, jadi baiknya jumlah tanaman per pot tidak terlampau banyak supaya bayam tidak kerdil.



5. Pemeliharaan Bayam

Bayam cabut yaitu type bayam yang tidak sering terkena penyakit (yang ditularkan lewat tanah). Bayam bisa berproduksi dengan baik seandainya kesuburan tanahnya senantiasa dipertahankan, umpamanya dengan pemupukan organik yang teratur serta kecukupan air.

6. Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) Bayam

Type hama yang kerap menyerang tanaman bayam salah satunya ulat daun, kutu daun, penggorok daun serta belalang. Penyakit yang kerap didapati yaitu rebah kecambah (Rhizoctonia solani) serta penyakit karat putih (Albugo sp.).

Untuk pengendalian OPT pakai pestisida yang aman gampang terurai seperti pestisida biologi, pestisida nabati atau pestisida piretroid sintetik. Pemakaian pestisida itu mesti dikerjakan dengan benar baik penentuan type, dosis, volume semprot, langkah aplikasi, interval serta saat aplikasinya.

7. Panen serta Pasca Panen

Bayam cabut umumnya dipanen jika tinggi tanaman kurang lebih 20 cm, yakni pada usia 3 hingga 4 minggu sesudah tanam. Tanaman ini bisa dicabut dengan akarnya maupun dipotong pangkalnya. Sedang bayam petik umumnya mulai bisa dipanen pada usia 1 s/d 1, 5 bln. dengan interval pemetikan satu minggu sekali.

Letakkan bayam yang baru dipanen ditempat yang teduh atau merendamkan sisi akar ke air serta pengiriman product ke tempat maksud secepat-cepatnya.

loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

Tentang Ragam Tanaman Hias dan Budidaya:

Hi Sahabat Ragam Tanaman. Terima kasih anda telah membaca artikel ini. Blog Ragam Tanaman ini memberikan informasi seputar tanaman hias dan tanaman budidaya bagi anda yang antusias dengan tanaman hias dan tanaman budidaya serta ingin jadi yang pertama tahu informasidi blog ini. Ada panduan tahap demi tahap mengenai cara menanam dan merawat tanaman hias yang dapat langsung anda coba sendiri di rumah. Kami sudah mencoba menanam dan merawat beberapa tanaman hias. Dan sampai saat ini kami masih terus mencari dan mencoba alternatif tanaman hias yang kami dapatkan dari berbagai sumber, dan akan disajikan di blog ragam tanaman ini dengan bahasa yang lugas dan mudah, supaya anda bisa langsug mencoba memelihara tanaman hias dan tanaman budidaya tersebut.


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus

Masukkan email anda di sini untuk mendapatkan update artikel ragam tanaman dan budidaya .

0 Komentar untuk " Tips Menanam Bayam di Halaman Rumah "

Popular 30 Hari

Back To Top -->