Cara Menanam dan Merawat Kaktus

Cara Menanam dan Merawat Kaktus - seputar tanaman | Langkah pertama untuk menanam tanaman kaktus yaitu beli bibit kaktus yang sehat. Tanaman kaktus yang sehat yaitu yang duri-durinya bagus (tak ada yang patah), batangnya tak memar, serta arah tumbuhnya tegak lurus (tak miring-miring serta seimbang). Anda dapat beli tanaman kaktus di beberapa toko tanaman hias dekat rumah atau biasanya juga di jual di carrefour. Belilah bibit yang berumur minimum 3 bulan.



Sesudah Anda memperoleh bibit kaktus baik, tanamlah dalam media tanah sekam atau tanah berpasir. Bila Anda beli type tanaman kaktus berbatang tinggi seperti Cerevius, jadi ukuran pot tempat menanamnya baiknya setinggi ½ tanaman Anda. Bila Anda beli tanaman kaktus berbatang bulat seperti Echinocactus atau kaktus berbatang tidak tebal seperti Opuntia, upayakan supaya pot tempat menanamnya berdiameter 5-10 cm lebih besar dari ukuran kaktus Anda.

Saat sebelum menanam, yakinkan bahwa baik pot dan juga tanah yang Anda siapkan dalam situasi kering. Lalu, semprotkan pot dengan disinfektan untuk mengusir biang penyakit yang mungkin saja muncul. Kerjakan penanaman lewat cara umum, yakinkan tanahnya mampat serta akar telah betul-betul tenggelam dengan baik.



INGAT : tunggulah 1 minggu saat sebelum lakukan penyiraman pertama. Hal itu dikerjakan lantaran biasanya beberapa jenis tanaman kaktus mempunyai saat dormansi dimana ia tak memerlukan air. Pemberian air langhsung sesudah penanaman cuma bakal meyebabkan pembusukan akar kaktus. Diluar itu, kerjakanlah pergantian pot atau tanah dengan cara berkala pada tiap tahun.


Biasanya, ada dua jenis tanaman kaktus yakni kaktus yang suka pada matahari atau demikian sebaliknya, kaktus yang suka pada tempat gelap. Janganlah lupa tanyakan termasuk juga jenis yang mana kaktus Anda waktu beli di nurseri tanaman hias. Ke-2 jenis itu tak perlu suhu yang aneh-aneh kok. Iklim negara kita ini pas untuk perkembangan kaktus. Anda cukup mengingat hal semacam ini : Waktu kemarau tak apa di biarkan lama-lama diluar rumah, waktu sering hujan pindahkan supaya tak kehujanan. Masalah kematian kaktus yang kerap terjadi karena sebab pembusukan oleh guyuran hujan.

Pokoknya, temperatur yang terlampau tinggi atau rendah bisa mengakibatkan kaktus berdormansi. Bila tengah berdormansi, ia bakal berhenti tumbuh untuk beberapa waktu. Anda pasti tidak mau kaktus Anda kerdil, bukan? Jadi cermat-cermatlah mencermati musim saat menumbuhkan kaktus dirumah.

Pada minggu-minggu pertama sesudah penanaman, janganlah segera menjemur tanaman kaktus dibawah matahari. Sesudah ditanam, tempatkan dibawah tempat yang teduh, atau tertutup bayangan. Barulah secara berkala Anda pindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari. Bila waktu baru ditanam segera Anda jemur, jadi tanaman kaktus Anda dapat layu. Bila Anda menanam bibit kaktus didalam rumah, yakinkan aliran udara dalam rumah senantiasa baik untuk mendukung perkembangan kaktus.

loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

Tentang Ragam Tanaman Hias dan Budidaya:

Hi Sahabat Ragam Tanaman. Terima kasih anda telah membaca artikel ini. Blog Ragam Tanaman ini memberikan informasi seputar tanaman hias dan tanaman budidaya bagi anda yang antusias dengan tanaman hias dan tanaman budidaya serta ingin jadi yang pertama tahu informasidi blog ini. Ada panduan tahap demi tahap mengenai cara menanam dan merawat tanaman hias yang dapat langsung anda coba sendiri di rumah. Kami sudah mencoba menanam dan merawat beberapa tanaman hias. Dan sampai saat ini kami masih terus mencari dan mencoba alternatif tanaman hias yang kami dapatkan dari berbagai sumber, dan akan disajikan di blog ragam tanaman ini dengan bahasa yang lugas dan mudah, supaya anda bisa langsug mencoba memelihara tanaman hias dan tanaman budidaya tersebut.


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus

Masukkan email anda di sini untuk mendapatkan update artikel ragam tanaman dan budidaya .

0 Komentar untuk " Cara Menanam dan Merawat Kaktus "

Popular 30 Hari

Back To Top -->