Menanam Lumut Untuk Menghias Bonsai

Menanam Lumut Untuk Menghias Bonsai | Umumnya mendekati pameran, yang memiliki bonsai berupaya menghadirkan bonsainya dalam keadaan sempurna serta betul-betul mirip seperti aslinya di alam. Batangnya terkesan tua dan berlekuk-lekuk, serupa dengan lekuk-likunya pohon besar yang tumbuh di alam. Kesan alami ini dapat ditampilkan karenanya ada lumut-lumut yang tumbuh di pangkal atau dibawah batang serta media tumbuhnya.
Masalahnya, pameran dapat diadakan kapan saja, namun lumut tak dapat tumbuh setiap waktu. Terutama pada musim kemarau, lumut yang tumbuh bagus tidak sering di temukan. Bermula dari masalah tersebut, keluarlah ide ‘menanam’ lumut yang siap gunakan saat di perlukan. 



Dengan kasa nyamuk serta batubata.

Dari pengamatan pada musim kemarau lumut banyak didapati tumbuh di tepi-tepi selokan, diatas batubata atau karang yang senantiasa basah atau lembap. Oleh karenanya dicoba menumbuhkan lumut dengan media pasir serta bubuk batubata. Lantas ia memodifikasi lingkungan hingga pas untuk perkembangan lumut. 

Awal mula diatas tanah datar yang sejuk serta lembap dihamparkan kasa nyamuk (terbuat dari plastik) memiliki ukuran 1 m persegi. Lantas pasir ditebarkan setebal kurang lebih 1 cm di atasnya. Sedang susunan teratas yaitu bubuk batubata setebal 1/2 cm.
Agar terus lembap penyiraman dikerjakan setiap hari. Media pasir serta batubata itu disiram air seperlunya, serta untuk merangsang tumbuhnya lumut media itu juga disiram larutan Atonik, dengan dosis sesuai sama label. Interval pemberian Atonik 2 x satu minggu. 
Sebulan kemudian umumnya bakal nampak bercak-bercak hitam berlendir diatas permukaan media tadi,tandanya lumut sudah tumbuh. Waktu itu baiknya pemberian Atonik dihentikan, namun penyiraman terus dikerjakan setiap hari. Baiknya sisi atas media ditutup lagi dengan sehelai kasa nyamuk, namun tak sampai menempel, supaya udara tak panas serta cahaya matahari cuma 40% saja. Penyiraman juga baiknya memakai handsprayer yang membuahkan siraman halus, agar tak mengakibatkan kerusakan lumut yang baru tumbuh. 

Dua bulan. siap dipanen 

Apabila lingkungan tumbuh lumut telah sesuai, terutama kelembapannya, jadi kurun waktu 2-4 minggu sesudah nampak tanda tadi, lumut bakal tumbuh cepat serta bagus. Hingga kurun waktu dua bulan. kita telah dapat memperoleh lumut yang diperlukan serta siap dipakai. 

Lumut hasil peliharaan itu dapat segera di ambil untuk ditempel dibawah batang bonsai atau media atau lansekap bonsai yang dikehendaki. 

Untuk melekatnya baiknya dipakai tanah lempung juga sebagai lem. Langkahnya, tanah lempung diaduk, di buat seperti bubur, lantas dioles-oleskan pada karang atau pangkal batang yang bakal ditempeli lumut. Ketika lempung masih tetap basah tersebut lumut ditempelkan di atasnya. Bonsai yang baru ditempeli lumut itu mesti ditempatkan ditempat yang agak teduh, sepanjang 1-2 hari, supaya lumutnya dapat betul-betul melekat. Disamping itu tanaman terus disiram setiap hari untuk melindungi kelembaban, sampai kesuburan lumut terus terbangun.

loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

Tentang Ragam Tanaman Hias dan Budidaya:

Hi Sahabat Ragam Tanaman. Terima kasih anda telah membaca artikel ini. Blog Ragam Tanaman ini memberikan informasi seputar tanaman hias dan tanaman budidaya bagi anda yang antusias dengan tanaman hias dan tanaman budidaya serta ingin jadi yang pertama tahu informasidi blog ini. Ada panduan tahap demi tahap mengenai cara menanam dan merawat tanaman hias yang dapat langsung anda coba sendiri di rumah. Kami sudah mencoba menanam dan merawat beberapa tanaman hias. Dan sampai saat ini kami masih terus mencari dan mencoba alternatif tanaman hias yang kami dapatkan dari berbagai sumber, dan akan disajikan di blog ragam tanaman ini dengan bahasa yang lugas dan mudah, supaya anda bisa langsug mencoba memelihara tanaman hias dan tanaman budidaya tersebut.


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus

Masukkan email anda di sini untuk mendapatkan update artikel ragam tanaman dan budidaya .

0 Komentar untuk " Menanam Lumut Untuk Menghias Bonsai "

Popular 30 Hari

Back To Top -->