Mengenal dan Mengetahui Manfaat Bunga Seruni

Mengenal dan Mengetahui Manfaat Bunga Seruni - Tanaman Hias | Sebagai salah satu Tanaman Hias Bunga Krisan atau Seruni (Chrysanthemum) yaitu sejenis tanaman bunga hias berbentuk perdu, yang mulai nampak pada zaman Kapur. Dalam bahasa Yunani, Chrysanthemum bermakna yaitu bunga emas. Warnanya juga memanglah ada yang kuning keemasan. Oleh karenanya, orang kerap menyebutnya dengan bunga Emas (Golden Flolwer).

Seruni (Golden Flower)


Jenis bunga Seruni yang tertua datang dari Cina, memiliki bentuk serupa dengan bunga Deasy. Serta Cina sudah mengelolanya dalam tempat pertanian sekitar 2,500 th. saat sebelum dikenalkan ke Eropa. Sekarang ini, bunga Seruni seruni sudah banyak ditanam serta dibudidayakan di negara Barat serta Eropa.

Sedang Jepang mulai membudidayakan bunga Seruni pada era ke-4, yang lalu jadi bunga nasional negara itu. Orang-orang Jepang mengenalnya dengan sebutan Kikuka. Bahkan pada 797, bunga Seruni jadi lambang kekaisaran Jepang dengan sebutan Queen of The East (Ratu dari Timur).

Tanaman Hias Bunga Seruni di Prancis dimaksud Chrysanthème. Bunga ini diasumsikan dengan duka serta kematian. Seruni putih banyak dipakai untuk pemakaman, serta di tanggal 1 November, waktu perayaan La Toussaint (All Saints), Seruni warna-warni banyak menghiasi kuburan. Oleh karenanya, di Prancis, bunga ini jadikan juga sebagai bunga kelahiran bulan November.



Demikian sebaliknya, di Indonesia bunga Seruni digunakan untuk acara pernikahan, juga sebagai tahap untuk menapak kehidupan baru. Di Amerika, bunga Seruni dipakai juga sebagai lambang keceriaan juga sebagai sinyal persahabatan.

Menurut Feng Shui, bunga Seruni dipercayai bisa membawa kebahagiaan serta tawa didalam keluarga. Bunga Seruni juga memiliki makna keceriaan, pesona, optimis, kelimpahan, keberuntungan, persahabatan, serta cinta rahasia.

Bunga Seruni Sebagai Tanaman Hias serta Obat

Manfaat  bunga Seruni yang paling utama yaitu juga sebagai bunga hias. Manfaat lainnya yaitu juga sebagai tumbuhan obat tradisional serta penghasil toksin serangga. Diluar itu,  bunga Seruni dapat juga dipakai juga sebagai bunga potong.

Seperti yang kita kenali, di Indonesia serta di sebagian negara di Asia yang lain, bunga seruni atau krisan kerap diseduh dengan air panas untuk jadikan minuman. Terlebih dari type Chrysanthemum Morifolium atau Chrysanthemum Indicum yang berwarna putih atau kuning. Di Indonesia, minuman ini di kenal dengan nama “teh kembang” (Chrysanthemum Tea). 

Daun Seruni memiliki banyak terkandung zat seperti michefuschalide, parthenolide, serta chrysanthenyl acetat. Ketiganya dapat menghalangi produksi prostlagandin. Dalam riset canggih, zat ini sangatlah efisien untuk menyembuhkan penyakit migran. Dengan penghambatan prostlagandin ini, bermakna dapat kurangi radang, kurangi sekresi histamin, serta dapat kurangi demam.

Diantara manfaat yang lain, dapat mengobati influenza, masuk angin, sinusitis, pandangan buram, hipertensi, bisul-bisul, liver, masalah tidur, menolong menangani masalah pencernaan seperti mual-mual, memperlancar menstruasi, serta menolong menyembuhkan asma, serta depresi.


Demikianlah artikel tentang tanaman hias  yang membahas tentang Mengenal dan Mengetahui Manfaat Bunga Seruni, Semoga dengan artikel tanaman hias  yang membahas tentang Mengenal dan Mengetahui Manfaat Bunga Seruni bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Jangan lupa kunjungi artikel lainya di blog tanaman obat lainya

loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

Tentang Ragam Tanaman Hias dan Budidaya:

Hi Sahabat Ragam Tanaman. Terima kasih anda telah membaca artikel ini. Blog Ragam Tanaman ini memberikan informasi seputar tanaman hias dan tanaman budidaya bagi anda yang antusias dengan tanaman hias dan tanaman budidaya serta ingin jadi yang pertama tahu informasidi blog ini. Ada panduan tahap demi tahap mengenai cara menanam dan merawat tanaman hias yang dapat langsung anda coba sendiri di rumah. Kami sudah mencoba menanam dan merawat beberapa tanaman hias. Dan sampai saat ini kami masih terus mencari dan mencoba alternatif tanaman hias yang kami dapatkan dari berbagai sumber, dan akan disajikan di blog ragam tanaman ini dengan bahasa yang lugas dan mudah, supaya anda bisa langsug mencoba memelihara tanaman hias dan tanaman budidaya tersebut.


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus

Masukkan email anda di sini untuk mendapatkan update artikel ragam tanaman dan budidaya .

0 Komentar untuk " Mengenal dan Mengetahui Manfaat Bunga Seruni "

Popular 30 Hari

Back To Top -->