Tips Menanam Bunga Dahlia

Tips Menanam Bunga Dahlia | Bunga Dahlia biasanya di kenal juga sebagai tanaman perdu yang berbentuk tahunan (Perennial). Tetapi saat ini telah banyak di kembangkan jenis yang berbunga lebih cepat dengan ukuran lebih kerdil atau Dwarf.



Tersebut cara Menanam Bunag Dahlia :



Gambar diatas yaitu bentuk dari benih Bunga Dahlia type Dwarf Mixed yang terbagi dalam berbagai warna. Anda mesti mempunyai benih ini dahulu sebelum dapat meneruskan ke langah selanjutnya.



Siapkan media semai. Saya menggunakan kompos/humus semai yang dapat dibeli di toko pertanian. DI Hypermart atau Ace Hardware, Carefour juga saya kira tersedia banyak. Atau di beberapa toko berkebun di tepi jalan, tersedia banyak. Bila tak ada pula. Anda dapat mempersiapkan media tanam sendiri.


Upayakan supaya media tanamnya berbentuk tanah yang subur, yang telah digemburkan, dapat digabung dengan penggembur seperti serbuk arang, serbuk gergaji, sekam padi bakar atau sabut kelapa yang telah dihaluskan.

Untuk membuatnya steril, sebaiknya media tanam ini dipanaskan dahulu. Bisa lewat cara dipanaskan diatas kuali. Maksudnya supaya tak ada benih lain terkecuali Dahlia yang anda mau tanam ini kelak cocok tumbuhnya.

Jadi sesudah ada media tanamnya, siapkan pot semai. Bisa gunakan apa saja Atau langsung di pot besar bila tidak mau repot-repot memindahkannya kelak.

Tekan dengan jari dengan cara hati-hati media tanamnya, Kedalamannya seputar 0. 5 - 1 cm. Janganlah lebih.



Tempatkan benih seperti misal gambar diatas.



Tutupi lagi dengan media tanam. Maksudnya yaitu supaya benih memperoleh perlakukan lembab serta gelap dengan cara rata. Dua hal ini sangatlah membantu persemaian.



Sesudah seluruhnya benih tertutupi dengan rapi. Basahi media tanam dengan spray halus. Hati-hati ya.... Jangan sempat benihnya tenggelam. Atau media tanamnya tenggelam, hingga benih tak tertutup media tanam.



Ambillah plastik hitam. Dapat apa saja, Polibag dapat juga. Bila saya gunakan kantung sampah yang masih baru.



Masukkan dengan cara hati-hati. Maksudnya yaitu untuk memberi perlakuan gelap keseluruhan pada persemaian. Hal semacam ini bakal sangatlah menolong cepatnya semai.



Tempatkan persemaian ditempat yang teduh. Janganlah terkena cahaya matahari langsung. Atur kelembabannya dengan mengecek setiap hari, apakah medianya kurang air atau kelebihan air. kelebihan air/terlampau basah dapat bikin benih busuk. Waktu kekurangan air, dapat menyababkan benih tidak berhasil bertunas. Temperatur Ideal untuk menyemai Dahlia yaitu seputar 15 - 20°C.

Apabila kesusahan melindungi temperatur seperti itu, dapat letakkan persemaian ditempat tempat seperti kamar mandi, kolong tempat tidur, halaman belakang yang banyak dinaungi pohon dsb...



Umumnya Dahlia bakal tumbuh kurun waktu 14 - 28 hari. Terkadang dengan perlakukan gelap keseluruhan dapat lebih cepat. Saya alami sekitar 3 - 7 hari tumbuh. Pada umur seperti diatas, yakinkan daun lebih 2 helai, saat sebelum lakukan perpindahan pot.

Penggunaan tray semai seperti yang saya kerjakan, maksudnya adalah untuk mempermudah perpindahan tanaman muda.  Dengan tray semai seperti itu, kemungkinan rusaknya akar cocok memindahkannya lebih kecil. Cara memindahkannya mudah sekali. Yang anda perlukan cuma sendok kecil. Dapat pula gunakan sendok plastik yang ukurannya sesuai sama tray semai.

Untuk tanaman muda, berikanlah pupuk yang memiliki kandungan N tinggi. Bisa pupuk apa saja. Yang paling murah meriah yaitu NPK.

Menyiram tanaman muda mesti hati-hati. Kelebihan air, akar dapat rusak. Kekurangan air, tanaman dapat mati. Lalu bila terlampau lembab, rawan terkena penyakit, terlebih jamur. Panduan nya, upayakan untuk menyiram media tanamnya saja. Daunnya terus kering. Janganlah terkena hujan dahulu ya.



Karena saya ketahui Dahlia ini suka pada keadaan yang sejuk, serta tak terlampau panas. Saya memperlakukannya dengan Semi-Shading. Berarti, cuma terkena matahari sepanjang tak kian lebih 3 jam.


Bila telah sebesar gambar diatas (kurang lebih 3 bln.) umumnya tanaman telah mulai remaja serta siap berbunga. Waktu inilah waktu yang pas menerapkan pupuk bunga yang kandungan K nya tinggi.



Perawatan serta pemupukan yang benar, bakal cepat menimbulkan kuntum kuntum bunga.



Kerjakan selalu pemupukan dengan cara teratur. 1 atau 2 kali satu minggu sesuai sama panduan kemasan pupuknya.






Gambar 13 - 16 yaitu 4 jenis dari Dahlia Dwarf Double Mixed yang berhasil ditanam. yang terpenting tidak terkena terik matahari langsung dan rajin menyiram.

sumber referensi :




loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

Tentang Ragam Tanaman Hias dan Budidaya:

Hi Sahabat Ragam Tanaman. Terima kasih anda telah membaca artikel ini. Blog Ragam Tanaman ini memberikan informasi seputar tanaman hias dan tanaman budidaya bagi anda yang antusias dengan tanaman hias dan tanaman budidaya serta ingin jadi yang pertama tahu informasidi blog ini. Ada panduan tahap demi tahap mengenai cara menanam dan merawat tanaman hias yang dapat langsung anda coba sendiri di rumah. Kami sudah mencoba menanam dan merawat beberapa tanaman hias. Dan sampai saat ini kami masih terus mencari dan mencoba alternatif tanaman hias yang kami dapatkan dari berbagai sumber, dan akan disajikan di blog ragam tanaman ini dengan bahasa yang lugas dan mudah, supaya anda bisa langsug mencoba memelihara tanaman hias dan tanaman budidaya tersebut.


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus

Masukkan email anda di sini untuk mendapatkan update artikel ragam tanaman dan budidaya .

0 Komentar untuk " Tips Menanam Bunga Dahlia "

Popular 30 Hari

Back To Top -->