5 Tips Menanam Bonsai



(5 Tips Menanam Bonsai)-Sebelum anda mengawali menanam bonsai, carilah bibit bonsai paling baik yang akan anda tanam. Bibit bonsai harga nya beragam, bergantung model apa yang dapat anda buat bonsai.

Biasanya tanaman yang bisa jadikan bonsai yaitu tanaman pohon (berbatang kayu, bukan hanya herba yang berbatang lunak) yang gampang dikerdilkan (dengan menghalangi perkembangan akar memanfaatkan kawat, serta memotong tajuknya).

Ada banyak spesies yang disukai banyak orang jadikan bonsai , semisal Ficus sp. Pohon ini memiliki karakteristik pribadi seperti daun kecil yang membuat mereka indah seumpama dibentuk bonsai. Bibit bonsai sekali dihasilkan dari perkembang biakan biji (generatif) namun ditumbuhkan dengan cara vegetatif di nurseri-nurseri tanaman hias.

Bonsai berkesan tua serta kuno. Sedangkan, perkembangan tanaman dari biji hanya dapat membuahkan tunas baru yg tidak bisa berikan kesan kuno itu. Oleh karena itu, bibit bonsai acap kali ditumbuhkan dari potongan tanaman yang sudah dewasa serta cukup tua. Bibit bonsai pada nurseri tanaman hias kebanyakan telah ditumbuhkan dengan cara professional dari spesimen pilihan. Anda tinggal cermat-cermat pilih bibit mana yang kurang lebih cukup baik buat Anda tanam dirumah.

'Bon' dari kata bonsai artinya pot kotak. Oleh karena itu, pot-pot gerabah sisi empat amat ideal buat menanam bonsai. Potnya tak usah besar-besar, kecil saja, yang terutama sanggup menyimpan pohon bonsai. Anda dapat beroleh pot-pot ini di toko tanaman hias atau toko toko peralatan berkebun.

Media bonsai harus sering di ganti, terutama sejak masa pertumbuhan. Bonsai yang telah dewasa serta cukup tua tak perlu sering-sering diganti, cukup 2-3 th. sekali. Perubahan media dikerjakan dengan arah menjauhi melekatnya akar pada pot dengan cara permanen (yang selanjutnya sanggup mengakibatkan kerusakan pot anda) serta merangsang perkembangan akar. 
     
Pemakaian akadama juga menaikkan nilai estetika bonsai anda. Media lain yang cukup popular yaitu kanuma, ialah media yang memiliki kandungan paduan batu apung di dalamnya. Kanuma cocok untuk digunakan jika anda membonsaikan Azalea.

Peralatan yang wajib anda siapkan buat mengatasi bonsai yaitu gunting tanaman, mini rake for the mini container, kuas besar, gunting kabel, serta kawat untuk membuat bonsai. Dibawah ini tehnik tehnik dalam membonsai :

Pemotongan serta pemangkasan
Pada prinsipnya, pemotongan serta pemangkasan dikerjakan sampai lukanya rata dengan permukaan pangkal tumbuhannya. Pemotongan batang atau cabang yang kurang sehat atau pertumbuhannya buruk perlu pertimbangkan perkembangan cabang atau yang lain yang sehat. Perkembangan dapat diperbanyak lewat langkah pemotongan akar mengarah ke samping.

Pengawatan (pemasangan kawat) 
Mempunyai tujuan membuat batang, cabang, serta ranting agar tumbuh sama sesuai dengan arah yang di idamkan. Pengawatan perlu dikerjakan dengan hati-hati. Janganlah terlampau kencang, namun janganlah terlampau longgar.

Posisi bonsai di pot 
Posisi yang prima tergantung oleh letak tanaman di pot yang diperlukan. Posisi bonsai bergantung pada jenis yang diperlukan. Jadi, bonsai tak perlu ditanam ditengah-tengah pot, di pot persegi panjang, lonjong, atau oval, atau pot memanjang, tanaman dapat diletakan dengan jarak sepertiga dari segi pot.

Penanaman 
Beberapa langkah penanaman bonsai :

  • Siapkan pot, media tanam, serta bakalan bonsai 
  • Kurangi akar bakalan bonsai supaya sama sesuai dengan ukuran pot 
  • Masukkan beberapa media tanam ke dalam pot 
  • Tanam bakalan dengan posisi tanam yang pas 
  • Masukkan kembali media tanam buat menguatkan posisi tanam itu, lalu padatkan memanfaatkan ujung jari serta telapak tangan 
  • Rawat bonsai dengan baik 


Membuat kesan tua 
Bonsai dapat tambah bagus seumpama tanaman itu di beri kesan tua. Kesan tua ini kebanyakan ditandai dengan perkembangan cabang yang rata-rata merunduk ke bawah serta akar yang menjalar hingga permukaan tanah.

loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

Tentang Ragam Tanaman Hias dan Budidaya:

Hi Sahabat Ragam Tanaman. Terima kasih anda telah membaca artikel ini. Blog Ragam Tanaman ini memberikan informasi seputar tanaman hias dan tanaman budidaya bagi anda yang antusias dengan tanaman hias dan tanaman budidaya serta ingin jadi yang pertama tahu informasidi blog ini. Ada panduan tahap demi tahap mengenai cara menanam dan merawat tanaman hias yang dapat langsung anda coba sendiri di rumah. Kami sudah mencoba menanam dan merawat beberapa tanaman hias. Dan sampai saat ini kami masih terus mencari dan mencoba alternatif tanaman hias yang kami dapatkan dari berbagai sumber, dan akan disajikan di blog ragam tanaman ini dengan bahasa yang lugas dan mudah, supaya anda bisa langsug mencoba memelihara tanaman hias dan tanaman budidaya tersebut.


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus

Masukkan email anda di sini untuk mendapatkan update artikel ragam tanaman dan budidaya .

0 Komentar untuk " 5 Tips Menanam Bonsai "

Popular 30 Hari

Back To Top -->