5 Jenis Tanaman Hias Bunga Indoor Yang Bermanfaat Sebagai Pembersih Udara

Jenis Tanaman Hias Bunga IndoorRagam Tanaman Budidaya. Tanaman hias biasanya ditanam diluar ruang. Tetapi nyatanya ada pula tanaman hias bunga yang bisa ditanam didalam ruang atau sering juga disebut sebagai jenis tanaman hias bunga indoor. Bukan hanya sebagai penghias ruang belaka, sebagian jenis tumbuhan yang diletakkan dalam ruang ini pada kenyataannya dapat membersihkan udara, menyerap polutan serta gas-gas beresiko. Sesungguhnya ada banyak tanaman hias yang cocok bila kita letakkan pada ruang tertutup atau sebagai penghias ruangan dalam pada tempat tinggal kita. Tinggal bagaimana anda memilih tanaman hias indoor yang tepat untuk ruangan tinggal anda.

Untuk hobyis pemula yang belum faham cara merawat tanaman hias dalam ruangan, dalam memilih tanaman hias indoor yang tepat agar dapat mencari yang perawatannya sedikit serta gampang. Gampang perawatan berarti aktivitas perawatan jenis tanaman hias bunga indoor itu gampang serta cepat dan dapat dikerjakan oleh siapa saja.


Pengertian Tanaman Hias Indoor

Pengertian tanaman hias indoor yaitu tanaman yang ditempatkan di dalam ruang sehingga mampu untuk membuat ruang tersebut menjadi lebih cantik dari sebelumnya. 
Jenis tanaman hias bunga indoor ini terdiri dari beragam jenis yang berasal dari jenis daun hingga bunga.

Mengenal Jenis Tanaman Hias Bunga Indoor

Selain dikarenakan dari kemanfaatan yang bisa diperoleh atas kehadiran jenis tanaman hias bunga indoor itu, maka manfaatnya secara estetika juga jadi hal yang paling utama sehingga beberapa orang yang mengoleksi atau menanam tanaman-tanaman ini baik itu dikebun maupun ditempatkan sebagai hiasan tempat tinggal. Jenis tanaman yang paling banyak dikoleksi yaitu tanaman hias baik itu tanaman hias bunga ataupun tanaman hias daun, yang dipakai untuk membuat cantik situasi rumah. Dapat di tanam di luar ruang atau outdoor serta dapat pula di tanam didalam ruang atau indoor. Memilih dan merawat tanaman hias dalam ruangan menjadi salah satu tantangan yang mengasyikan dalam memelihara jenis tanaman hias bunga indoor.

Tanaman hias bunga yang bisa dikategorikan sebagai tanaman hias indoor harusnya memiliki ketahanan untuk hidup di dalam ruang. Tahan pada temperatur ruang, tahan pada kelembapan yang rendah, aliran hawa yang relatif sedikit serta jenis tanaman hias bunga indoor ini haruslah dapat menyesuaikan dirinya dengan ruang ber AC. Ketahanan tanaman hias kecil dalam ruangan ini minimum sekitar selama 2 minggu. 

Keberlangsungan hidup jenis tanaman hias indoor dan outdoor juga ditetapkan dengan menggunakan media tanam yang dipakai. Media tanam untuk jenis tanaman hias bunga indoor mesti miliki karakter porous, yang mampu untuk bertahan dengan sedikit air. Dalam memilih dan merawat tanaman hias dalam ruangan, maka pemilihan media tanam yang pas antara lain yaitu cacahan pakis, sekam bakar, cocopeat atau kombinasi sesuai dengan jenis tanaman hias bunga indoor yang bakal ditanam. Juga butuh ditambah humus daun atau pupuk kandang yang sudah diolah. Tak semua jenis tanaman hias cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan sebagai tanaman indoor.

Tips Memilih Tanaman Hias Indoor 

1. Didasarkan atas jenis serta manfaat sebagai tanaman hias indoor. 
Untuk jenis tanaman hias bunga indoor ada tanaman hias berbunga serta tanaman hias yg tidak berbunga atau umum sering disebut sebagai tanaman hias daun. Tanaman hias berbunga di nikmati lantaran keindahan bunganya seperti misalnya angrek, adenium, atau mawar. Tanaman hias daun di nikmati lantaran keindahan corak serta warna daunnya, contohnya adalah aglaonema, anthurium, sanseviera. Jenis tanaman hias yang bisa dipakai sebagai tanaman hias indoor banyak dari tanaman hias daun. Tetapi ada juga tanaman hias bunga dapat dijadikan sebagai tanaman hias indoor. Namun jumlah dari jenis tanaman hias bunga indoor ini tak sebanyak tanaman hias daun. 

Manfaat dari tanaman hias indoor ini ada berbagai macam. Jenis tanaman hias bunga indoor itu ditempatkan dalam ruang untuk apa? Misalnya sebagai pembatas pandangan, sebagai obyek untuk memperindah pojok ruang dan lain sebagainya. Untuk pemanis atau memperindah ruang maka perlu memilih tanaman hias indoor yang tepat, jenis tanaman hias bunga indoor yang digunakan haruslah memenuhi persyaratan seperti berdaun unik serta berwarna indah. Sedang dalam memilih dan merawat tanaman hias dalam ruangan yang digunakan sebagai pembatas ruang, maka tanaman hias yang dipakai mesti cukup besar serta berdaun lebat. 

Sebagian tanaman hias yang bisa dipakai sebagai tanaman hias indoor yaitu : dari jenis tanaman hias berbunga ; begonia, spathiphylum, anthurium bunga, anggrek. Dari jenis tanaman hias daun ; andiantum, caladium, philodendron, aglaonema, sanseviera, cordyline, dracaena dan lain-lain. 

2. Didasarkan Ketahanan Tanaman. 
Jenis tanaman hias bunga indoor mempunyai ketahanan yang tidak sama terhadap lingkungan. Seperti kelembapan, intensitas sinar, aliran hawa serta temperatur. Tanaman hias yang tahan dengan intensitas sinar matahari yang rendah bisa dipakai sebagai tanaman hias indoor. Juga tahan pada hawa kering dengan sedikit aliran serta tahan pada temperatur sedang dan ketidaksamaan temperatur siang serta malam yang berlebihan. 

Akan tetapi hal ini bukanlah bararti bahwa jenis tanaman hias bunga indoor itu tahan selama-lamanya dalam ruang. Perputaran tanaman tetaplah dibutuhkan. Minimum 2 minggu sekali perputaran dikerjakan. Tanaman hias dari dalam ruang ditempatkan kembali di luar. Dengan maksud untuk memberi kesegaran serta supaya tanaman hias bunga indoor tetap dapat tumbuh dengan baik. Lantaran untuk process fotosintesis tanaman tetap saja memerlukan cahaya matahari. 

3. Didasarkan Pada Sitem Perawatan Tanaman. 
Ketidaksamaan ketahanan jenis tanaman hias bunga indoor pada lingkungannya, membuat tanaman hias tersebut memiliki system perawatan yang tidak sama juga. Rata-rata tanaman hias yang membutuhkan intensitas matahari yang tinggi memiliki system perawatan yang paling mudah. Akan tetapi untuk jenis tanaman hias bunga indoor, ada pula yang perlu perawatan intensif serta ada yang gampang perawatannya. 

Dianjurkan untuk hobyis pemula yang belum faham cara merawat tanaman hias dalam ruangan, dalam memilih tanaman hias indoor yang tepat agar dapat mencari yang perawatannya sedikit serta gampang. Gampang perawatan berarti aktivitas perawatan jenis tanaman hias bunga indoor itu gampang serta cepat dan dapat dikerjakan oleh siapa saja. Yang termasuk ke dalam jenis tanaman hias bunga indoor yang gampang dirawat ; sanseviera, dracaena, philodendron. Sedangkan yang perlu perawatan intensif ; aglaonema, calladium, anthurium, anggrek.

Mengenal Jenis Tanaman Hias Bunga Indoor Sebagai Pembersih Udara

Jenis Tanaman Hias Bunga Indoor Sebagai Pembersih Udara

Ada sangat banyak tanaman hias dalam ruang, Tetapi pada saat ini kita akan memberi referensi beberapa jenis tanaman hias bunga indoor buat anda jadikan sebagai hiasan dalam tempat tinggal anda supaya lebih cantik.

1. Gerber daisy (Gerbera jamesonii)

Jenis Tanaman Hias Bunga Indoor
Jenis Tanaman Hias Bunga Indoor

Jenis tanaman hias bunga indoor Gerber daisy di Indonesia lebih di kenal sebagai Herbras. Tumbuhan asal Afrika Selatan ini memiliki bunga warna warni serta sering jadikan bunga potong berbarengan anyelir, seruni, mawar, serta tulip. Bisa tumbuh baik didalam pot serta didalam ruang. Tanaman ini efisien menyingkirkan trichloroethylene, Cocok untuk ditempatkan di kamar mandi, ruangan membersihkan atau kamar tidur.

2. Sirih gading (Epipremnum aureum)

Jenis Tanaman Hias Bunga Indoor
Jenis Tanaman Hias Bunga Indoor

Sirih gading (dimaksud juga golden pothos atau devil’s ivy) yaitu tanaman berbunga dari keluarga Araceae. Jenis tanaman hias bunga indoor ini datang dari Australia, Malenesia (termasuk juga Indonesia), Indochina, Jepang, China, serta India. Hingga dapat disebutkan bahwa jenis tanaman hias bunga indoor ini adalah tumbuhan asli Indonesia. Walau tanaman empifit serta semi-merambat tetapi baik untuk dijadikan pembersih udara dalam ruang serta menyerap toksin formaldehida serta beragam polutan yang lain.

3. Krisan (Chrysanthemum morifolium)

Jenis Tanaman Hias Bunga Indoor
Jenis Tanaman Hias Bunga Indoor

Bunga krisan atau seruni yaitu jenis tanaman hias bunga indoor yang memiliki bunga warna-warni. Dalam bhs Inggris juga dikenal sebagai Florist’s daisy atau Hardy garden mum. Didalam pot dapat tumbu sampai 90 cm. Selain memiliki aroma yang wangi, jenis tanaman hias bunga indoor ini dapat menyingkirkan benzena (dari lem, cat, plastik serta deterjen), formaldehida, serta bahan kimia yang lain dari udara di dalam ruangan.

4. Rhododendron (Rhododendron simsii)

Jenis Tanaman Hias Bunga Indoor
Jenis Tanaman Hias Bunga Indoor

Rhododendron atau bunga Azalea (Rhododendron simsii) adalah tanaman semak yang ampuh dalam menyerap polutan formaldehida dari sumber seperti plywood atau insulasi busa. Indonesia juga mempunyai sebagian spesies asli Rhododendron (Baca : Bunga Rhododendron Asli Indonesia) tetapi butuh dikaji apakah jenis tanaman hias bunga indoor ini memiliki kekuatan yang sama dalam menyerap polutan.

5. Peace Lily (Spathiphyllum)

Jenis Tanaman Hias Bunga Indoor
Jenis Tanaman Hias Bunga Indoor

Peace Lily atau Spathiphyllum yaitu satu genus dengan beberapa puluh spesies yang sama. jenis tanaman hias bunga indoor ini juga dikenal sebagai Peace Lily. Begitu baik dalam menyingkirkan beragam toksin serta polutan didalam ruang seperti benzena, trichloroethylene,formaldehid, toluena, serta xilena.

Koleksi berbagai jenis tanaman hias bunga indoor memang ada yang susah susah gampang, dan perlu ketelatenan. Namun mempunyai kenikmatan sendiri, dan kenikmatan ketika kita menatap tanaman hias itu, dapat dibawa ke dalam tempat tinggal juga sampai kedalam kamar tidur. Memang dari segi biaya perawatan sedikit diatas tanaman untuk luar ruang. Tetapi jenis tanaman hias bunga indoor ini mempunyai peluang usaha sendiri yaitu “Bisnis Rental tanaman Hias”. Yang mana saat ini trennya memperlihatkan semakin bertambah. Untuk rumah sakit, perkantoran, maupun acara seminar dan pernikahan. Bagaimankah dengan diri anda, apakah anda akan mencoba tantangan ini …???

loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

Tentang Ragam Tanaman Hias dan Budidaya:

Hi Sahabat Ragam Tanaman. Terima kasih anda telah membaca artikel ini. Blog Ragam Tanaman ini memberikan informasi seputar tanaman hias dan tanaman budidaya bagi anda yang antusias dengan tanaman hias dan tanaman budidaya serta ingin jadi yang pertama tahu informasidi blog ini. Ada panduan tahap demi tahap mengenai cara menanam dan merawat tanaman hias yang dapat langsung anda coba sendiri di rumah. Kami sudah mencoba menanam dan merawat beberapa tanaman hias. Dan sampai saat ini kami masih terus mencari dan mencoba alternatif tanaman hias yang kami dapatkan dari berbagai sumber, dan akan disajikan di blog ragam tanaman ini dengan bahasa yang lugas dan mudah, supaya anda bisa langsug mencoba memelihara tanaman hias dan tanaman budidaya tersebut.


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus

Masukkan email anda di sini untuk mendapatkan update artikel ragam tanaman dan budidaya .

2 Komentar untuk " 5 Jenis Tanaman Hias Bunga Indoor Yang Bermanfaat Sebagai Pembersih Udara "

sepertinya dirumah saya blm ada nih yg nyerap udara kotor... nnti saya coba belilah... makasih bnyak mas infonya... mantap

Sama-sama mas bro, terima kasih sudah mampir ..

Popular 30 Hari

Back To Top -->