Cara Membuat Daun Bonsai Menjadi Kecil

Cara Membuat Daun Bonsai Menjadi Kecil (seputar-tanaman) | Satu di antara hal paling utama yang perlu di perhatikan supaya tampilan bonsai tampak seimbang adalah memiliki daun dengan ukuran kecil. Lantas bagaimanakah supaya daun bonsai jadi kecil? Nah, langkah paling utama yang perlu dikerjakan adalah dengan memastikan type bonsai yang mempunyai jenis daun kecil seperti pohon cemara atau pinus. Namun demikian, walau sudah mempunyai ukuran daun yang kecil seringkali kita memerlukan ukuran daunnya jadi lebih kecil lagi agar tampak pas dengan batang dan cabang pohon bonsai. Jadi pemecahannya yaitu dengan lakukan pemangkasan.



Pemangkasan tidak cuma menggunting daun, namun memotong cabang dan ranting supaya daun bonsai jadi kecil. Prinsipnya dengan pemakasan cabang dan ranting bonsai, bakal menumbuhkan cabang dan ranting baru yang makin banyak dengan ukuran daun lebih kecil yang pasti, ini dikarenakan terjadinya perebutan makanan.



Berikut ini panduan memotong daun bonsai supaya jadi kecil :


  • Pemangkasan pada cabang dan ranting tak dapat dikerjakan sampai habis. Pemangkasan hanya hingga panjang cabang dan ranting yang tersisa 3–4 helai daun. Jika habis, cabang atau ranting akan ikut mati dan tak menumbuhkan cabang dan ranting baru. 
  • Pemangkasan hanya dapat dikerjakan pada cabang dan ranting tua, yang warnanya tak hijau lagi dengan ukuran daun sudah besar. 
  • Spesial pada bonsai dengan daun jarum seperti pohon pinus, pemangkasan dapat dikerjakan 2 kali setahun. Tengah untuk jenis bonsai berdaun agak besar seperti beringin dan siantho atau dewo ndaru, pemangkasan bisa dikerjakan setiap waktu sembari memerhatikan keadaan cabang atau ranting yang sudah tua. 
  • Penyiraman mempunyai dampak pada pengecilan daun. Oleh karena itu penyiraman dikerjakan sesedikit mungkin saja, supaya penguapan lebih sedikit dan memaksa daun sesuaikan dengan situasi itu. Penyesuaian itu bikin ukuran daun jadi lebih kecil. 
  • Pakai juga media pasir yang mempunyai ukuran 3 mm, supaya air tak terserap di dalamnya. 
  • Letakkan bonsai ditempat yang terserang matahari langsung. Jika di simpan ditempat teduh menyebabkan daun akan tumbuh ke ukuran semula.

loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

Tentang Ragam Tanaman Hias dan Budidaya:

Hi Sahabat Ragam Tanaman. Terima kasih anda telah membaca artikel ini. Blog Ragam Tanaman ini memberikan informasi seputar tanaman hias dan tanaman budidaya bagi anda yang antusias dengan tanaman hias dan tanaman budidaya serta ingin jadi yang pertama tahu informasidi blog ini. Ada panduan tahap demi tahap mengenai cara menanam dan merawat tanaman hias yang dapat langsung anda coba sendiri di rumah. Kami sudah mencoba menanam dan merawat beberapa tanaman hias. Dan sampai saat ini kami masih terus mencari dan mencoba alternatif tanaman hias yang kami dapatkan dari berbagai sumber, dan akan disajikan di blog ragam tanaman ini dengan bahasa yang lugas dan mudah, supaya anda bisa langsug mencoba memelihara tanaman hias dan tanaman budidaya tersebut.


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus

Masukkan email anda di sini untuk mendapatkan update artikel ragam tanaman dan budidaya .

0 Komentar untuk " Cara Membuat Daun Bonsai Menjadi Kecil "

Popular 30 Hari

Back To Top -->