Tips Cara Membuat Taman Vertikal di Rumah

Tips Cara Membuat Taman Vertikal di Rumah (seputar-tanaman) | Taman vertikal atau vertical garden (VG) adalah taman yang di buat pada bagian vertikal, baik hardscape ataupun softscape. Pada umunya berisikan tanaman beserta dengan elemen yang lain seperti air terjun dan sebagainya.

Beberapa waktu terakhir rencana taman vertikal tengah banyak di kembangkan, terlebih di kota-kota besar. Hal semacam ini dipicu ruangan terbuka hijau di perkotaan makin terbatas. Hingga umumnya orang pilih rencana taman ini dengan media dinding atau tembok.



Fungsi paling utama dari taman vertikal tersebut tadak jauh dari taman biasanya. Yakni jadi sumber oksigen, kurangi suhu hawa dan juga sebagai ruangan terbuka hijau. Pada intinya prinsip dari taman ini nyaris sama juga dengan taman hidrolik, yakni bercocok taman tanpa ada memakai tanah.

3 prinsip paling utama kehidupan suatu taman

Pupuk, Air, Matahari. Hingga dimana saja serta bagaimanapun langkahnya, ketiga hal itu mesti ada. Bahkan juga di satu tempat yang tidak memperoleh cahaya matahari juga dapat diberikan matahari buatan memakai bantuan lampu.

Tips Cara Membuat Taman Vertikal di Rumah


Model tanaman yang dapat dipakai untuk membuat taman vertikal adalah semua model tanaman yang memiliki karakter kuat, ringan namun masih tetap dapat menaruh air di dalamnya. Media yang dapat dipakai untuk bikin taman vertikal ada 2, yakni velt dari sabut kelapa serta nonwoven geotextile

1. Velt sabut kelapa 
Di buat dengan bentuk mirip pipa dengan besar kira-kira 50 cm serta ketebalan kira-kira 30 cm. Keunggulannya yaitu lebih unggul dalam menaruh air serta lebih murah lantaran bahan yang dipakai seluruhnya dari dalam negeri.

2. Nonwoven geotextile
seluruhnya bahan yang dipakai yaitu bahan impor hingga harga nya lebih mahal. Namun nonwoven geotextile dapat bertahan sampai 15 th..


Langkah-langkah bikin taman vertikal : 


1. SIAPKAN ALAT DAN BAHAN 

Beberapa bahan yang diperlukan : screw, dowel, paku, kawat strimin yang ukuran kotaknya sesuai sama keperluan, kayu, plastik, cat kayu, serta karung goni.
Sedang alat - alat yang dibutuhkan : Palu, Obeng, Gergaji, dll



2. MENYIAPKAN KAYU 
Pakai kayu ukuran 10x5x5 cm serta pakai paku sepanjang 15 cm agar dapat melekat di dinding. Kayu ini bakal ditempatkan pada dinding serta media yang dipakai untuk menanam. Oleh karenanya, baiknya lapisi kayu dengan anti rayap agar kayu awet serta dapat kuat menahan beban media hingga saat yang cukup lama.



3. MEMBUAT RAK/TEMPAT MENANAM 
Tempelkan kawat strimin pada kayu frame lewat cara seperti berikut :



4. MENYIAPKAN DINDING TEMPAT TAMAN VERTIKAL AKAN DIBUAT 
Lapisi dinding dengan plastik lewat cara seperti dibawah ini. Ini mempunyai tujuan membuat perlindungan dinding agar tak rusak serta untuk hindari agar akar tanaman tak merambat serta melekat ke dinding



5. MENEMPELKAN KARUNG GONI 
Ini adalah langkah paling sulit dalam bikin taman vertikal. Lantaran media tanam tak seutuhnya melekat di dinding, jadi kita mesti melapisi media tanam sisi belakang (atau minimal sisi samping) media dengan karung goni. Oleh karenanya, saat sebelum kita tempelkan media tanam ke dinding, yakinkan masih tetap ada space untuk tempelkan karung goni ini.



6. LETAKKAN FRAME 
Sesudah karung goni terpasang , kemudian langkah setelah itu yaitu menempatkan frame di permukaan karung goni. Pakai langkah speerti tersebut :



7. MEMASUKKAN TANAH DAN MULAI MENANAM 
tahap selanjutnya, kita dapat memasukkan tanah ke media tanam. Lalu, buat lubang kecil di permukaan karung goni serta kita dapat mulai menanam tanaman atau dapat pula mulai dengan memakai biji tanaman.



8. TAMAN VERTIKAL TELAH SIAP 
Apabila tanaman yang kita tentukan dapat tumbuh dengan subur, jadi taman vertikal kita bakal tampak seperti photo dibawah ini. Bakal tambah baik apabila kita memakai type tanaman yang merambat hingga bakal tampak bagus.


Selain model tanaman vertikal seperti di atas ada juga model tanaman vertikal yang unik seperti di bawah ini, semua tergantung pada selera anda ingin menggunakan type seperti apa tentunya juga di sesuaikan dengan kondisi ruangan atau taman di rumah anda.






Demikianlan artikel dari blog seputar tanaman, yang pada kesempatan kali ini membahas tentang Tips Cara Membuat Taman Vertikal di Rumah, semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian, kunjungi selalu blog seputar-tanaman untuk artikel menarik lainnya




loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

Tentang Ragam Tanaman Hias dan Budidaya:

Hi Sahabat Ragam Tanaman. Terima kasih anda telah membaca artikel ini. Blog Ragam Tanaman ini memberikan informasi seputar tanaman hias dan tanaman budidaya bagi anda yang antusias dengan tanaman hias dan tanaman budidaya serta ingin jadi yang pertama tahu informasidi blog ini. Ada panduan tahap demi tahap mengenai cara menanam dan merawat tanaman hias yang dapat langsung anda coba sendiri di rumah. Kami sudah mencoba menanam dan merawat beberapa tanaman hias. Dan sampai saat ini kami masih terus mencari dan mencoba alternatif tanaman hias yang kami dapatkan dari berbagai sumber, dan akan disajikan di blog ragam tanaman ini dengan bahasa yang lugas dan mudah, supaya anda bisa langsug mencoba memelihara tanaman hias dan tanaman budidaya tersebut.


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus

Masukkan email anda di sini untuk mendapatkan update artikel ragam tanaman dan budidaya .

0 Komentar untuk " Tips Cara Membuat Taman Vertikal di Rumah "

Popular 30 Hari

Back To Top -->